Mobile Menu

navigasi

More News

Kuliner Unik Sukabumi yang wajib kamu coba

September 21, 2021

 

Source : www.kliknusae.com

Sukabumi merupakan sebuah daerah di pesisir selatan provinsi Jawa Barat dan telah menjadi temopat wisata unggulan. Kurang rasanya jika kamu berkunjung ke Sukabumi namun belum mencicipi makanan khas daerah ini. Kamu tidak perlu khawatir, karena kawasan ini menawarkan berbagai macam masakan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan dan minuman khas. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang direkomendasikan oleh Sukabumi :

1.       Geco

Geco merupakan ingkatan dari taoge tauco. Sesuai namanya kuliner ini berbahan dasar taoge disajikan dengan ketupat dan tahu lalu disiram dengan saus tauco. Walaupun tergolong makanan lawas, namun masih banyak kedai atau warung yang menyediakan menu makanan ini, sehingga kamu tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya. Kamu bisa berkunjung ke Jl. Sarasa, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi jika penasaran dengan cita rasa geco. Untuk harganya geco sendiri sangat terjangkau yaitu RP. 10.000

2.     Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk milik Mamih Ungu ini terbilang unik karena nasi yang dihidangkan berwarna ungu berbentuk tumpeng kecil lengkap dengan berbagai lauk di sekelilingnya. Warna ungu ini terbuat dari ubi ungu yang dihaluskan. Nasi uduk berwarna ungu yang disajikan dengan ayam goreng kemiri, tahu, tempe, lalap+sambal serta telor dadar tipis sebagai alasnya. Satu porsi Nasi Uduk Ungu Special ini dapat kita nikmati dengan harga Rp. 23.000. Selain Nasi Uduk Ungu, tempat ini juga menawarkan satu menu unik lainnya yaitu Nasi Uduk Ijo yang bercita rasa agak pedas karena menggunakan cabe hijau sebagai campurannya.

        3.       Bubur ayam bunut

Bubur Ayam Bunut juga sudah sejak lama menjadi ciri khas kuliner Sukabumi. Berlokasi di jalan Siliwangi No.93. Bubur ayam ini memang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan yang lain. Perbedaannya hanya terletak pada topping. Bubur ayam Sukabumi biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam, kacang kedelai, bawnag goreng, cakwe, dan tambahan kecap secukupnya. Selain dari topping, kaldu bubur biasanya dicamupur dengan bawang, namun bubur Sukabumi hanya menggunakan bawang sebagai toppingnya. Di Bubur Ayam Bunut juga tersedia kroket atau risol yang berisikan bihun. Bagi yang belum terbiasa, mungkin rasanya agak sedikit aneh jika dimakan bersamaan dengan kroket. Namun, camilan ini menjadi pilihan favorit para pelanggan. Kroket bihun terasa renyah dan pas ketika disantap dengan bubur yang hangat. Menyantap bubur juga akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan dengan bandrek (bajigur panas), dan teh tawar hangat di udara yang sejuk. Buka setiap hari mulai jam 07.00 hingga 21.00 WIB, sajian ini sangat ramah bagi kantong. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp15.000 hingga Rp17.000 per porsinya. Kue sagon merupakan oleh-oleh khas Sukabumi dengan cita rasa perpaduan gurih dan manis. Bahan utamanya adalah parutan kelapa.

4.     Sekoteng Singapore

kali ini ada menu minuman yang  juga sayang untuk kamu lewatkan. Sekoteng Singapura. Biasanya  minuman ini ditemukan pada malam hari, kuliner khas Sukabumi yang konon berasal dari negara tetangga Singapura ini tentu akan memberikan cita rasa berbeda yang bisa kamu nikmati. Jika dibandingkan dengan sekoteng pada umumnya, yang membedakan menu ini adalah terdapat roti jahe yang merupakan ciri khas Sukabumi yang ikut masuk ke dalam sekoteng. Kuliner yang satu ini berada di Jl. A. Yani No.293, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

        5.     Sate aci

Dari namanya kamu tentu sudah dapat menebak kalau makanan khas yang satu ini terbuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji sebelumnya diolah menggunakan kompor dengan aci kecil, kemudian dicampurkan dengan berbagai penyedap rasa, yang diaduk perlahan dan jangan sampai menggumpal. Setelah adonan mendidih, kamu dapat menuangkannya ke cetakan yang ditusuk dengan lidi. Tunggu hingga dingin, lalu angkat. Kamu dapat menyajikan sate ini seperti sate ayam, yakni disiram dengan bumbu kacang. Karena cara yang cukup mudah untuk membuat sate aci ini, kamu pun dapat mencobanya di rumah dengan berbekal resep khas kuliner asli Sukabumi.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment