Mobile Menu

navigasi

More News

Kuliner Khas Bangka Belitung yang Super Enak, Bikin Ketagihan!

September 22, 2021

 

Source : www.today.line.me

Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di sisi kanan pulau Sumatera yang terdiri atas dua pulau besar beserta ratusan pulau kecil lainnya. Dua pulau tersebut, yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung.

Terkenal sebagai daerah penghasil timah sehingga dijuluki Pulau Timah. Tentu saja bukan hanya timah yang membuat Kepulauan Bangka Belitung istimewa, tapi juga kulinernya.

Ada banyak sekali kuliner khas Kepulauan Bangka Belitung yang tak cuma lezat, tapi juga bisa bikin ketagihan. Kira-kira ada apa saja, ya? Yuk, simak dibawah ini!

1.      Lempah Kuning

Lempah kuning adalah sup ikan berkuah yang terkenal di pulau Bangka. Sementara di pulau Belitung makanan ini disebut dengan gangan. Warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit dan nanas yang juga berguna sebagai bumbu penyegar. Ikan kakap merah dan ikan tenggiri adalah dua jenis ikan yang sering dipilih untuk membuat lempah kuning. Dengan racikan bumbunya yang pas, lempah kuning akan memiliki rasa yang sedap dan segar. Ada juga lempah kuning yang menambahkan potongan nanas pada lempah untuk menciptakan rasa segar. Untuk makanan khas Bangka Belitung yang satu ini, biasanya disebut dengan Lempah Nanas.

Selain itu, warga setempat biasanya menambahkan sayuran dan kacang kedelai. Biasanya ikan kakakp merah atau ikan tenggiri yang digunakan untuk makanan khas bangka Belitung yang bercitarasa gurih ini.

2.     Mie Koba

Bangka Belitung memiliki sajian mie yang khas dan tentunya sangat lezat. Tepatnya di Bangka Tengah, terdapat sajian unik yang dikenal dengan nama Mie Koba. Mie Koba adalah mie yang disajikan dengan kuah dari kaldu daging ikan tenggiri yang sangat khas Bangka Belitung.

Sajian dalam satu porsi makanan khas provinsi Bangka Belitung ini terdapat telur ayam, seledri, dan bawang goreng yang semakin menambah cita rasa. Mie koba terkenal dengan cita rasanya yang gurih yang berasal dari daging ikan tenggiri. Ditambah perasan jeruk, seporsi Mie Koba terasa sangat nikmat!

Tidak hanya gurih, mie koba juga menyajikan rasa asam dan manis. Adapun nama mie koba beerasal dari daerah di Kabupaten Bangka Tengah. Jika kamu ingin mencoba keunikan mie koba, kamu bisa datangi Kota Pangkalpinang atau bisa langsung mendatangi tempat asalnya.

3.     Belacan

Belacan adalah makanan khas Bangka Belitung yang mempunyai aroma dan cita rasa yang unik karena terbuat dari fermentasi hasil laut. Makanan khas yang satu ini biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan atau penyendap rasa untuk berbagi makanan, misalnya seperti sambal.

Belacan ini serupa dengan terasi. Namun perbedaannya adalah jika terasi terbuat dari udang rebon segar yang di fermentasi kemudian dikemas.

4.     Lakso

Lakso ini dibuat dengan tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu. Bahan dasar itu membuat warna mie yang satu ini menjadi putih seperti pantiaw. Lakso biasanya disajikan dengan kuah ikan yang dicampur santan kuning sehingga membuat rasanya menjadi gurih. Sementara rempah – rempah seperti ketumbar,kemiri,bawang merah, dan kunyit yang membuat rasanya semakin nikmat.

5.     Berego

Berego ini terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, berego punya tampilan unik, yaitu bulat melingkar. Karena rasanya yang tawar serta merupakan sumber karbohidrat, berego sering dijadikan pengganti nasi atau lontong. Berego juga sangat cocok dimakan bersama kuah santan gurih atau kari ikan. 

Biasanya warga Bangka Belitung ini menyajikan Berego bersama makanan khas Bangka Belitung lainnya seperti Gangan, Lakso dan lainnya.

6.     Sambal Likung

Sambal likung adalah salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh – oleh. Bentuk dan teksturnya ini seperti abon, namun terbuat dari berbagai ikan seperti ikan hiu kecil, ikan parang,ikan tenggiri atau ikan mayong.

Ikan – ikan tersebut diolah dengan cara dikukus atau direbus kemudian dihaluskan setelah itu ditumis dan dicampurkan dengan rempah – empah lainnya. Sambal likung ini bisa kamu jadikan sebagai teman makan nasi panas atau dapat dijadikan isian lemper dan roti.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment