Mobile Menu

navigasi

More News

Hargai Budaya Indonesia ! 5 Rekomendasi keraton ini wajib kamu kunjungi

September 10, 2021

Source : www.jejakpiknik.com


Keraton atau Kraton merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti yaitu kerajaan. Kata tersebut berasal dari karatuan yang artinya tempat tinggal seorang ratu atau penguasa. Dari segi objek wisata, ada beberapa istana Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa dan kekayaan warisan budaya.

Pada zaman modern dan sekarang ini, masih ada beberapa wilayah Kraton yang terjaga kelestariannya. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kraton dan ingiin lebih banyak tentang budaya tradisional atau kehidupan kerajaan, berikut adalah lima istana Indonesia yang wajib dikunjungi :

1.    Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

Keraton ngayogyakarta hadiningrat ini berlokasi Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, keraton tersebut sudah dibangun antara tahun 1755 hingga 1756 oleh Pangeran Mangkubumi, beberapa bulan usai menyepakati perjanjian Giyanti dengan Dutch East India Company. Namun demikian, beberapa bagian dari kompleks keraton ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono VIII yang berkuasa antara 1921 hingga 1939. 

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekarang tidak hanya menjadi istana bagi para sultan, namun juga pusat kebudayaan masyarakat Jawa. Tempat ini juga menjadi pusat diselenggerakannya berbagai upacara tradisional seperti Grebeg Maulud, Sekaten, dan Tumplak Wajik.

Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Kraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 - 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pula pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Namun jika kamu ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah.  

Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin berfoto. 

2.    Keraton Surakarta Hadiningrat

Istana Surakarta Hadiningrat atau dikenal juga dengan Kraton Solo yaitu tempat kekuatan utama Kasunanan Surakarta. Dibangun pada 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II Sebagai pengganti Istana Kartasura hancur dalam tragedi geger pecinan pada tahun 1473.

Arsitektur Istana Surakarta Hadinngrat mirip dengan gedung Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal ini lantaran Pangeran Mangkubumi, juga dikenal sebagai Sultan Hamengkubuwana I, telah menjadi arsitek di kedua tempat.

Istana Surakarta Hadinngrat sekarang salah satu tempat wisata terkenal Surakarta. Secara keseluruhan Keraton, Kamu  dapat menjelajahi tempat-tempat wisata utama, yaitu Museum Sewoko. Museum Sewoko buka dari senin – kamis pukul 09.00 – 14.00 dan sabtu – minggu pukul 09.00 – 16.00

Untuk rombongan, tiket masuk per orangnya Rp 10.000. Sementara untuk perseorangan maka harganya Rp 15,000 per orang. Lalu untuk wisatawan asing Rp 20.000 per orang. Keraton Surakarta Hadiningrat ini berada di Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3.    Keraton Kasepuhan Cirebon

Istana Kasepuhan Cirebon merupakan istana Sultan tertua di Cirebon. Lokasi ini keraton ini ada di Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Keraton ini  menjadi tempat tinggal kasepuhan yang sudah dibangun pada tahun 1529 oleh pangean Mas Zainul Arifin, cicit dari sunan gunung jati. Kompleks keraton ini terletak di antara sebuah masjid dan pasar tradisional, sesuai dengan petron keraton jaawa pada umumnya. 

Salah satu bagian utama dari keraton ini adalah siti inggil, yang digunakan untuk tempat berkumpulnya para sultan dan bawahan mereka. Bangunan utama lain yang tidak kalah menarik adalah Malan Semirang, yang memiliki enam pilar, melambangkan filosofi Rukun iman dalam agama Islam. 

Keraton Kasepuhan ini buka dari pukul 08.00 – 18.00, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000

4.    Keraton Surosowan 

Keraton Surosowan adalah sebuah keraton di banten yang terletak di Jl. Masjid Agung Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang. Keraton ini dibangun sekitar tahun 1522 - 1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin, yang kemudian dikenal sebagai pendiri dari Kesultanan Banten.  Keraton Surosowan mengalami beberpa kali penghancuran. Kehancuran total yang pertama kali pada tahun 1680. Kehancuran ke dua kalinya dan ini yang terparah adalah pada tahun 1813 ketika Gubernur Jendral Belanda yang bernama Herman Daendels memerintahkan penghancuran keraton. Keraton ini kemudian ditingalkan penghuninya. Keraton ini pun merupakan istana sultan tertua di Cirebon 

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Saat weekday, harga tiket masuk Benteng Surosowan adalah Rp20,000 Sementara saat weekend, harga tiket masuk Benteng Surosowan adalah Rp20,000 

5.    Keraton Kaibon

Keraton Kaibon terletak di Kasunyatan, Kesemen, Serang, Indonesia, Kota Serang, Banten. Nama Kaibon, yang berarti ibu, diilhami dari fakta bahwa istana ini dibangun oleh Sultan Syafiudin, Sultan Banten ke-21, sultan syafiudin untuk sang ibundanya.

Dibangun di awal Abad ke-19, keraton ini memiliki luas kurang lebih 15.000 meter persegi. Gedung utama dan bagian halaman sempat dirusak atas perintah Gubernur Jendral Daendels di 1813 usai Sultan Syaifudin menolak permintaan Daendels untuk meneruskan pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan. 

Saat ini, Keraton Kaibon hanya ada beberapa reruntuhan dari bagian tembok, pondasi, dan juga gerbang utama. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan kesan betapa megah dan hebatnya kerajaan ini dulu. Walaupun keraton ini sudah tidak utuh seperti bangunan awal, tapai kamu masih bias berfoto – foto di Kawasan ini.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment