Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi Deteksi Gejala Kanker Mulut

  Source : www.honestdocs.id Pandemi Covid-19 membuat penanganan kasus kanker mulut semakin terkendala. Selama kebijakan PPKM diberl...

 

Source : www.honestdocs.id

Pandemi Covid-19 membuat penanganan kasus kanker mulut semakin terkendala. Selama kebijakan PPKM diberlakukan, banyak fasilitas kesehatan gigi dan mulut yang terpaksa tutup. Alhasil, masyarakat pun tidak bisa melakukan check up atas kesehatan gigi dan mulutnya. Bertolak dari permasalahan tersebut sekelompok mahasiswa UGM pun terdorong menciptakan aplikasi android yang dapat digunakan untuk skrining kanker mulut. Aplikasi yang berbasis  machine learning  tersebut kemudian diberi nama 'Sinoma'. Aplikasi Sinoma di bawah bimbingan Dr. Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng., ini diketahui merupakan proyek yang berasal dari pendapatan Kemdikbud Ristek dalam ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karya Cipta tahun 2021.

Menurut data yang dihimpun dari Global Cancer Observatory (lembaga dibawah WHO atau Wolrd Health Organization), terdapat 5.780 penambahan kasus baru kanker mulut pada tahun 2020 lalu di Indonesia. Kayla dan kawan – kawan lainnya melihat bahwa penanganan kasus kanker mulut cukup terkendala karena pandemi Covid-19. Ada banyak fasilitas kesehatan gigi mulut yang tutup. Jika pun dibuka, jumlah pengunjung atau pasiennya dibatasi. Hal ini kemudian mengakibatkan berkurangnya kesempatan masyarakat untuk melakukan check up. Jika kondisi atau permasalahan tersebut tidak segera diatasi, maka akan berakibat fatal kepada masyarakat. Jika kanker mulut tidak sedari awal disadari maka dampaknya akan semakin besar. 

Meski begitu, perlu dipahami bahwa Sinoma hanya digunakan untuk keperluan skrining semata dan bukan mendapatkan diagnosis. Oleh sebab itu, pengguna tetap disarankan harus tetap mengunjungi dokter spesialis untuk mendapat diagnosis tersebut. aplikasi Sinoma juga menyediakan berbagai informasi seputar penyakit kanker mulut. Terdapat informasi terkait upaya pencegahan, ciri-ciri, dan proses pengobatan penyakit kanker mulut itu sendiri. Untuk memudahkan pengguna, Sinoma juga pun memiliki panduan penggunaan aplikasi. 

Namun, saat ini aplikasi Sinoma masih dalam tahap pengurusan administrasi. Setelah tahapan dan proses tersebut selesai, aplikasi ini baru dapat digunakan oleh masyarakat secara luas.

Reponsive Ads