Mobile Menu

ads

More News

Meningkatkan Kompetensi SDM Di Sektor Pariwisata Danau Toba, Kemenparekraf Bersama Komisi X DPR RI Berkolaborasi

March 27, 2021

 

sumber dari kemenparekraf.go.id

Tour Travel, Samosir – Sandiaga Uno meninjau beberapa destinasi di sekitar Danau Toba bersama rombongan Komisi X DPR RI yakni, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, beserta jajarannya. Dalam kunjungan ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatis bersama Komisi X DPR RI akan terus mendorong peningkatan kapasitas, dan kualifikasi SDM di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Kehadiran dua lembaga ini melihatkan keseriusannya dalam mengembangkan kawasan seperti Batu Gantung, Pesanggrahan Soekarno, serta Air terjun Situmurun, menjadi salah satu 5 Destinasi Super Prioritas di danau Toba. Selain mengembangkan infrastruktur, juga akan dilakukan pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kunjungan ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat agar bisa menjaga keamanan serta kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke Danau Toba.


Menurut Sandiaga Uno, selain berdampak pada sektor pariwisata saat pandemi seperti ini banyak juga toko-toko yang tutup, banyak pekerja seni yang rindu dengan orderan. Berharap kolaborasi antar dua lembaga ini dapat membangkitan kembali pariwisata dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, membentukpariwisata yang aman juga nyaman bagi wisatawan serta penduduk lokal.


Melansir dari Kemenparekraf.go.id, kedatangan Komisi X DPR RI bersama jajarannya bertujuan untuk meninjau masalah serta melihat langsung kondisi destinasi wisata Danau Toba yang difokuskan pemerintah untuk pembangunan.


“Belanja masalah dibutuhkan, karena Danau Toba sudah ditetapkan sebagai DSP. Ada alokasi anggaran yang cukup besar yang dianggarkan pemerintah di 5 DSP, untuk itu kami harus melihat dahulu sudah siapkah untuk menerima investasi yang begitu besar. Dari diskusi yang sudah dilaksanakan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita mendorong sebagai DSP, seperti SDM, fasilitas yang mendukung kompetensi SDM itu sendiri, dan fasilitas lainnya,” ujar Dede  Yusuf selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI.


Selain itu juga Dede Yusuf menambahkan bahwa, pihak mereka nantinya akan berkolaborasi dengan K/L lain untuk mendukung kawasan Danau Toba menjadi Kasawan Destinasi Super Prioritas. Dalam hal ini peran dari Kepala Daerah sangatlah penting untuk merealisasikan harapan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber" Image: kemenparekraf.go.id )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment