Mobile Menu

navigasi

More News

Yuk pahami cara menghitung berat badan ideal

September 08, 2022

cara menghitung berat badan ideal
cara menghitung berat badan ideal

Salah satu keunikan manusia adalah memiliki ukuran tubuh yang berbeda satu sama lainnya. Namun kebanyakan orang mengimpikan memiliki berat tubuh yang ideal. Dengan memiliki berat tubuh yang ideal, akan mengakibatkan pada kondisi tubuh yang fit dan sehat. Hal tersebut dimulai dengan mencintai tubuh yang kita miliki dengan cara memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Namun sayangnya banyak dari kita yang melupakan akan pentingnya menjaga kondisi tubuh yang ideal, seringkali dengan mengkonsumsi makanan yang berlebih dan tidak sehat, menjadikan tubuh mengalami obesitas. Ketika tubuh mengalami obesitas maka dampaknya adalah akan berkurangnya tingkat kebugaran dan kesehatan raga.


Sebaliknya bagi pemilik berat badan yang terlalu kurus dan tidak proposional juga memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan. Pemahaman akan berat tubuh ideal, bukanlah berdasarkan standar keelokan secara superfisial, namun yang dimaksud dengan berat badan ideal merupakan perwujudan dari tubuh yang sehat dan bugar. Hal tersebut akan menunjang pemilik tubuh untuk melakukan aktifitas yang lebih maksimum.


Salah satu cara menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca dengan cara membedakan perhitunagn berat badan ideal antara lelaki dan perempuan. Broca melakukan hal tersebut karena meyakini bahwa komposisi tubuh pria dan Wanita berbeda. Namun ia juga merumuskan menghitung berat badang ideal dengan cara yang cukup mudah dimengerti oleh orang awam. Berikut rumus menghitung berat badan ideal bagi Wanita dan Pria:


Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen] 

Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Sebagai contoh pria yang memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitung berat badan idealnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal pria tersebut adalah 63 kilogram. 

Sedikit berbeda jika seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.


Selain cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus Broca, kita juga dapat menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI). BMI merupakan salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal yang didasarkan pada tinggi badan dan berat badan. Saat menghitung berat badan menggunakan rumus Broca dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu pria dan Wanita, BMI menghitung berat badan idel dengan mengklasifikasikan berdasarkan usia.


Walaupun penggunaan kalkulator BMI sangat mudah dilakuan (dapat diunduh di playstore) dalam menentukan klasifikasi berat badan yang ideal atau belum ideal, Kalkulator BMI seringkali menimbulkan perdebatan diantara atlet dan olahragawan. Perlu diketahui bahwa masa otot dari seorang atlit biasanya akan dihitung lebih berat dari masa otot non-atlit, padahal kenyataannya tidak demikian. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, maka ada baiknya kita memahami beberapa hal yang berkaitan dengan keterangan perhitungan dalam kalkulator BMI:


Sebuah angka perhitungan BMI normal berada pada kisaran 18,5-25. Jika angka di dalam perhitungan BMI melebihi 25, maka seseorang memiliki berat badan berlebih. Sedangkan, jika angka perhitungan BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang. Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan kamu termasuk di bawah rata-rata.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghitung berat badan ideal? Kamu bisa membaca tulisan lainnya tentang berat badan ideal di link berikut: baca cara menghitung berat badan ideal


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment