Mobile Menu

navigasi

More News

Waspadai Penipuan Paket Umrah, Perhatikan Hal Ini!

September 12, 2022
 Waspadai Penipuan Paket Umrah, Perhatikan Hal Ini!

Tourtravel.co.id- Kerap terdengar beberapa tahun terakhir kasus penipuan berkedok biro perjalanan umrah dengan menawarkan berbagai paket murah di bawah harga pasaran. Kasus penipuan ini pun masih terjadi sampai saat ini.


Maka dari itu, dilansir dari Kompas pada Selasa (13/09/2022) berikut tips-tips untuk mengantisipasi penipuan sejenis di masa depan ketika ingin melaksanakan umrah:



1. Cek Perizinan

Harus memastikan perizinan operator perjalanan sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang terdaftar Kementerian Agama (Kemenag).



2. Cek Lama Opersionalnya

Lalu calon jemaah bisa menilai sudah berapa lama penyedia jasa umrah itu beroperasi. Kepercayaan dapat muncul dari pengalaman. Hal ini sejalan dengan tanggapan pelanggan-pelanggan yang pernah menggunakan jasa itu sebelumnya.



3. Cek Perbandingan Harga dengan Teliti

Menurut Dian Aristia selaku Direktur Operasional Tazkia Tours and Travel, calon jemaah seharusnya lebih teliti perihal perbandingan harga paket yang ditawarkan dengan memperkirakan secara manual menurut harga tiket pesawat, biaya akomodasi, dan pengurusan dokumen yang diperlukan.


Dan perlu dicamkan jangan terlalu tergiur tiket-tiket murah.


"Harus teliti juga, harga semurah itu cocok atau tidak, pas atau tidak bila dilihat dari harga tiket yang berkembang sekarang, berapa tiketnya, kemudian mereka juga harus melihat harga hotelnya berapa, visanya berapa," ungkap Dian.



Jika ada menemukan perhitungan yang tidak masuk akal, maka lepas saja. Sebab hal ini bisa saja penyelenggara tersebut memberikan fasilitas yang berbeda dengan apa yang ditawarkan.



"Pada dasarnya mungkin jemaah akan berangkat, tapi bisa jadi hotelnya berubah, tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Jadi kehati-hatian, cek identitas, cek kredibilitasnya dia, cek harga tiketnya juga," jelasnya.


Dian juga menuturkan untuk saat ini standar rata-rata biaya paket umrah sebesar Rp 27 juta.






( Gambar: Reuters )






Tags: biaya umroh 2022, biaya umroh 2022 untuk 2 orang, persyaratan umroh terbaru
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment