Mobile Menu

navigasi

More News

Polusi Suara di Canggu, Perlukah Zonasi Lokasi Wisata?

September 16, 2022


 Polusi Suara di Canggu, Perlukah Zonasi Lokasi Wisata?
Tourtravel.co.id- Dalam beberapa terakhir, muncul sebuah petisi terhadap polusi udara di Canggu yang bersuara keras dari malam sampai subuh oleh kelakuan turis luar negeri yang meresahkan warga sekitar.



Lalu, apakah untuk kali ini perlu zonasi tempat wisata untuk party dan healing? Jawabannya adalah ternyata sudah ada rancangan data ruang terkait pengelompokan wilayah di Bali, tak terkecuali Canggu. Rencana yang sempat diwacanakan oleh pengamat sekaligus pelaku wisata Bali, I Wayan Puspa Negara.


"Canggu telah memiliki rencana data ruang dan disana sudah jelas mana area pemukiman, mana zona akomodasi wisata, zona industri dan mana zona pertanian. Sudah jelas itu," ungkap Puspa, dikutip detikcom pada Sabtu (17/09/2022).



Menurut Puspa, perlu diperhatikan dalam hal mengkaji petisi destinasi wisata. Perlu dikaji secara detail apakah ini murni kebutuhan orang banyak atau kebetuhan beberapa orang.



"Dan juga kita harus cermat melihat petisi ini apakah ada kepentingan pribadi atau memang kebutuhan masyarakat secara luas. Karena saya sebagai pelaku dan pengamat pariwisata kita harus cermat melihat petisi ini. Tapi, dalam perspektif saya setiap ada pertumbuhan dan perkembangan pariwisata dimanapun pasti akan ada ekses seperti ini," sambung dia.



Kemudian dia memberikan sebuah solusi terhadap masalah yang terjadi di Canggu. Penting untuk melakukan komunikasi di antara pelaju wisata dengan warga sekitar agar nantiinya hal seperti ini tidak akan terjadi atau keluhan bisa diminimalisir.



"Nah, yang perlu dilakukan terhadap masalah Canggu ini menurut saya adalah bagaimana menciptakan kesadaran antara pelaku wisata yang harmonisasi dengan lingkungan. Jika ada harmonisasi antara pelaku wisata dengan lingkungannya hal seperti ini bisa diminimalisir," imbuh Puspa.







( Gambar: Instagram @Segerbeach )








Tags: canggu bali hotel, villa canggu bali, canggu bali dimana
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment