Mobile Menu

navigasi

More News

Turut Promosikan Parekraf Secara Digital, Kemenparekraf Rilis "WonderVerse Indonesia"

August 19, 2022

 Turut Promosikan Parekraf Secara Digital, Kemenparekraf Rilis "WonderVerse Indonesia"


Tourtravel.co.id- Menjadi yang pertama untuk turut mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif digital, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi merilis paltform WonderVerse Indonesia.



Proyek metaverse "WonderVerse Indonesia" milik Kemenparekraf ini juga adalah hasil kolaborasi dengan PT. Magnus Digital Indonesia ditandai dengan penandatanganan dokumen MoU pada Rabu (17/08) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf.


"Sekarang kita ada dalam satu transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi. Hadirnya platform baru ini adalah untuk mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi," kata Menparekraf Sandiaga Uno dikutip dari situs resmi kemenparekraf.go.id pada Jumat (19/08/2022).


Menurut Maparekraf, Sandiaga Salahudin Uno, Kemenparekrafr mempunyai tugas memajukan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. Dan harapan platform "WonderVerse Indonesia" menjadi game changer untuk promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di masa depan.


“Untuk jadi yang pertama dan terdepan, maka kita perlu bergerak dengan menerapkan strategi 3G, yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan usaha (gaspol),” tutur penjelasan Sandiaga Uno dikutip dari Kompas pada Jumat (19/08/2022).



Hendra Liman selaku Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia, menuturkan plaform ini bisa menjadi medium bagi Kemenparekraf untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di kancah dunia. Tetapi untuk sementara ini, MetaVerse Indonesia masih dalam proses penyempurnaan dan akan terus dikembangkan hingga sempurna.


“Kerja sama yang melahirkan WonderVerse Indonesia ini diharapakan bisa memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif. Selain itu platform ini juga menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia,” tutur Hendra.


Hendra juga menyampaikan WonderVerse Indonesia akan dibagi jadi empat bagian yang dinamakan "land" sebuah representasi Indonesia sebagai negara kepulauan. Dalam "land" ini nantinya terdapat beranekaragaman yang bisa dinikmati.



Pertama ialah "Lobby", di sini wisatawan bisa berkomunikasi dengan satwa endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia dan layar lebar yang disajikan untuk mengetahui keseruan apa saja yang akan datang.



Lalu "WonderFun Land" menyajikan berbagai permainan Indonesia dan hiburan seperti wayang, tari-tarian, dan lain-lain. Kemudian terdapat "WonderGoods Land" wisatawan bisa melakukan transaksi barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.



Terakhir terdapat "WonderReal Land", wisatawan bisa membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai tempat yang diinginkan, seperti yang dilansir dari situs kemenparekraf.


Dalam kesempatan ini juga hadir Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; serta Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M. Paham.




( Gambar : kemenparekraf ) 




Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment