Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenparekraf Menekankan Peran Penting Tourism Satellite Account

April 21, 2021

sumber dari kemenparekraf.go.id

Tour Travel, Jakarta – Ni Wayan Giri Adyani selaku  Sekertaris Utama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menekankan peran penting dari data sebagai indikator capaian kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pada Rapat Pembahasan Hasil TSA 2021 secara daring di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (20/04/2021).


Tourism Satellite Account adalah kerangka kerja dari statistik dasar dan tombak dari pengukuran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dimana hasilnya nanti akan sebanding dengan statistik ekonomi lain yang telah diakui secara internasional. Hadirnya Tourism Satellite Account (TSA) sangat berperan penting dalam menghasilka data capaian indikator dari Kemenparekraf terhadap peranannya di ekonomi segi pariwisata di Tanah Air.


“Momentum hari ini spesial karena hasil yang diluncurkan menggunakan metode yang berbeda yaitu SUT Pariwisata yang menggambarkan kontribusi pariwisata terhadap PDB tahun 2015-2019 dan terhadap kinerja 5 tahun sebelumnya,” ujar Giri.


Melansir dari Kemenparekraf.go.id, TSA juga telah berpacu pada Standar Internasional sesuai dengan TSA RMF (Recomended Methodological Framework) dan IRTS (Internasional Recomandations for Tourism Statistics) serta integrasi SUT (Supply Demand Pariwisata).


Publikasi terhadap Tourism Satellite Acoount (TSA) diharapkan bisa terlaksana secara rutin dan berkala. Hal itu sangatlah membantu Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memahami keadaan pariwisata berkelanjutan, melalui tujuan capaian kerja seperti peranan pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) serta tenaga kerja.


Dengan adanya perubahan bentuk dikarenakan peggabungan antara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Badan Ekonomi Kreatif. Mengutip dari Kemenparekraf.go.id, pihak Giri membutuhkan data indikator pariwisata, juga data indikator capaian dari sektor ekonomi kreatif agar menjadi nilai tambah. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Kemenparekraf.go.id)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment