Mobile Menu

navigasi

More News

7 Destinasi Wisata Candi di Indonesia Terpopuler

September 11, 2021

 

Source : www.saintd.co

Indonesia merupakan negara yang memiliki corak sejarah kepercayaan Hindu – Buddha, tak mengherankan jika di Indonesia punya banyak sekali peninggalan budaya tersebut. Salah satu contoh peninggalan budaya buddha – hindu adalah candi. Ada banyak destinasi wisata candi Indonesia yang sangat popular.

Penasaran dengan destinasi wisata candi di Indonesia lainnya ? Yuk,simak beberapa rekomendasi destinasi Candi Indonesia sebagai berikut :

1.       Candi Prambanan

Candi Prambanan atau yang disebut juga sebagai Candi Loro Jonggrang ini memiliki bentuk yang menjulang ke atas dan menggambarkan kepercayaan agama Hindu. Ketiga candi ini pun dikelilingi oleh 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut sehingga saat berada di kompleks ini, wisatawan akan merasa seperti berada dalam sebuah kerajaan. Candi ini terletak di Bokoharjo, Prambanan, Kota Sleman, Yogyakarta. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 – Rp. 30.000  

 

2.       Candi Badut

Candi yang sudah berumur sekitar 1400 tahun ini terletak di Dusun Karang Besuki, Kec. Dau, kab. Malang. Jawa Timur. Candi merupakan peninggalan Prabu Gajayana, penguasa Kerajaan Kanjuruhan yang tertera pada prasasti Dinoyo bertahun 760 Masehi. Arsitekturnya disebut sebagai peralihan gaya bangunan Klasik dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Seperti candi Hindu lainnya, terdapat relung berisi arca di bagian luarnya. Dua relung di bagian kanan dan kiri pintu harusnya berisi arca Mahakala dan Nandiswara.

Ditemukan pada tahun 1921, Candi Badut masih berupa bukit reruntuhan dan tanah. Dalam hal relief, candi ini mempunyai kesamaan dengan Candi Dieng di Jawa Tengah. Untuk tiket masuk ke candi ini tidak dipungut biaya, sehingga kamu tidak usah khawatir.

 

3.       Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang telah dinobatkan sebagai monumen dan stupa terbesar di dunia oleh UNESCO! Dinding Candi Borobudur dihiasi oleh 2.672 pahatan yang tersusun sepanjang 6 km yang merupakan relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia! Relief yang terpahat di dinding tersebut selain sebagai dekorasi, juga menceritakan 4 kisah, Toppers. Yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda serta Gandawyuda. Candi Borobudur sendiri terletak di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang. Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 40.000.

 

4.       Candi Ijo

Walaupun nama candi ini adalah candi ijo akan tetapi candi ini tetap berwarna hitam. Saat memasuki pintu gerbang candi ini, kamu akan disambut oleh salah satu ukiran pada candi terbesar yang berupa sebuah Naga dengan mulut yang sangat besar. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 maka kamu sudah bisa memasuki area candi ini, candi ini juga terletak di Sambirejo, Prambanan, Sleman regency, Yogyakarta.

 

5.       Candi Mendut

Candi Mendut merupakan candi Buddha yang diperkirakan masih ada keterkaitan dengan candi Pawon. Hingga kini tidak dapat dipastikan kapan candi cantik di kota Jogjakarta ini dibangun, Toppers. Namun, usia candi ini diperkirakan lebih tua dari Candi Borobudur.
Di dalam tubuh candi Mendut terdapat ruangan yang cukup luas berisi 3 buah Arca Buddha. Salah satunya adalah Arca Buddha Sakyamuni. Yaitu Buddha yang digambarkan dengan posisi duduk berkhotbah dan sikap tangan Dharmacakramudra, melambangkan sikap sedang memberi ajaran. Candi ini terletak di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang. Kamu juga hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 per orang.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment