Mobile Menu

navigasi

More News

Tips Melihat Ikan Mola-Mola Di Nusa Penida, Jangan Pegang!

August 10, 2022
 Tips Melihat Ikan Mola-Mola Di Nusa Penida, Jangan Pegang! 


Tourtravel.co.id- Di Nusa Penida kita dapat melakukan aktivitas menyelam untuk melihat ikan mola-mola atau sunfish di Kabupaten Klungkung,Bali.


"Kemunculan (ikan mola-mola) bisa dibilang mulai bulan Juli, tapi paling tingginya Agustus dan September. Kalau di Nusa Penida itu ada empat lokasi favorit kemunculan mola-mola, pertama di Crystal Bay, kedua Gamat Bay, Toya Pakeh, dan Blue Corner," kata Project Leader Coral Triangle Center (CTC), Wira Sanjaya dikutip dari Kompas pada Kamis (11/08/2022).



Terdapat sejumlah faktor dari munculnya ikan berukuran dua hingga tiga meter ini. Salah satunya adalah pergerakan air laut dalam yang dingin ke permukaan.


Pada periode tersebut pula, ikan mola-mola akan membersihkan tubuhnya di laut dangkal. Tetapi, saat peristiwa itu terjadi, biasanya wisatawan akan langsung mengerumuni ikan mola-mola.


Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Bali di Klungkung menyampaikan peraturan berupa Kode Etik Berinteraksi dengan ikan mola-mola, khususnya bagi pengunjung.



"Kali ini kita mempertegas, menyusun kode etik yang ideal, perilaku ketika ada mola-mola, karena harus kita sadari jarang-jarang dia muncul dan justru langsung dikerumuni wisatawan," urai kata Ketua UPTD KKP Bali, Nengah Bagus Sugiarta.


Berikut sejumlah syarat bagi turis yang mau melihat ikan mola-mola:

  • Wisatawan yang hendak melihat ikan mola-mola di perairan dangkal Nusa Penida wajib menjaga jarak, sekurang-kurangnya lima meter.
  • Dilarang menyentuh ikan mola-mola.
  • Dilarang menghalangi jalannya ikan mola-mola.
  • Dilarang memotret dengan sinar.
  • Dilarang mengganggu proses pembersihan tubuh ikan mola-moal.
  • Dilarang berenang di bawah ikan mola-mola.
  • Wajib berenang perlahan saat berada di dekatnya


Turis domestik atau mancanegara yang ingin menyelam bisa langsung mendatangi para operator atau pemandu, serta meminta penjelasan soal aturan tersebut. Biaya masuknya mulai dari Rp 10.000 untuk wisatawan nusantara, dan Rp 100.000 untuk wisatawan mancanegara.



( Gambar: kkp go id )




Tags: apakah ikan mola-mola bisa dimakan, ikan mola dan plastik, ikan mola-mola Wikipedia

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment