Mobile Menu

navigasi

More News

Pesona Eksotisme Api Biru yang ada di Kawah Ijen

September 09, 2021

Source : www.panasbuminews.com

Selalu ada keindahan luar biasa yang ditawarkan alam Indonesia, salah satunya adalah adanya Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu wisata Banyuwangi terpopuler di kalangan pencinta traveling. Kawah Ijen atau Gunung Ijen Banyuwangi terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dengan ketinggian puncak Gunung Ijen 2.443 meter di atas permukaan laut.

Panas bumi vulkanik Gunung Ijen di Jawa Timur ini menciptakan kawah eksotis yang langka di dunia yaitu kawah ijen atau kaldera ijen. Bahkan, Keajaiban kawah ijen sangatlah langka. Semua pendaki dan pecinta alam tahu bahwa hanya ada dua kawah di dunia yang mengeluarkan api biru. Salah satunya di Islandia dan di kawah Ijen.

Jika diperhatikan dengan seksama, kawah ijen ini sangatlah mirip seperti api di kompor elpiji. Namun sayangnya, api alami ini hanya bisa disaksikan pada saat dini hari, antara pukul 02.00 hingga pukul 03.00 dini hari.

Penampakan kawah ini sangat indah dan mempesona. Hamparan air biru bercampur putih, yang diselimuti kabut tipis, memberikan ketenangan abadi kepada orang yang berkunjung. Namun perlu diketahu bahwa danau ini memiliki kedalam 150 meter lebih dengan derajat keasaman yang tinggi ini. Konon karena keasaman yang tinggi ini, air danau kawah ijen ini bahkan bisa melarutka kain dan jemari.

Selain blue fire, ada lagi fenomena alam lainnya yang bisa kamu nikmati di kawah ini. Kamu juga bisa melihat indahnya proses matahari terbit di Gunung Ijen. Dari gunung ijen ini para wisatawan bisa melihat pesona keindahan gunung – gunung di daerah lain, seperti puncak Gunung Raung, Gunung Suket dan Gunung Rante.

Wisatawan yang datang ke kawasan ini tidak perlu merogoh kocek dalam. Karena harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup terjangkau. Tiket ditetapkan sama untuk semua hari dan tidak ada pembedaan dari segi usia. Hanya untuk wisatawan asing harus membayar lebih mahal.

Informasi penting sebelum berkunjung ke Kawah Ijen: 

  • Kawah Ijen kembali beroperasi dengan pembatasan pengunjung maksimal 25% dari kuota harian.
  • Pemesanan tiket melalui website tiket.bbksdajatim.org.
  • Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di area Kawah Ijen.
  • Menunjukkan kartu vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi.
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment