Mobile Menu

navigasi

More News

Kreatif ! Thailand Manfaatkan Limbah Plastik Untuk Membuat APD COVID-19

September 03, 2021

 

Source : www.cnnindonesia.com

Relawan kuil di negara Thailand mendaur ulang sampah limbah plastik termasuk botol plastik untuk dijadikan sebagai alat pelindung diri (APD) bagi orang – orang yang beresiko terinfeksi virus corona

Jutaan botol plastik sudah dikumpulkan dan diubah menjadi benang untuk ditenun yang kemudian akan digunakan untuk membuat APD, yang nantinya APD tersebut akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit atau kuil Buddha, tempat para biksu mengkremasi para korban yang terinfeksi virus corona.

Meskipun di sisi lain APD yang mereka buat tidak berdasarkan standar medis, namun setidaknya mereka bisa membuat perlindungan kepada beberapa relawan dan para biksu yang berpotensi terpapar Covid – 19. Upaya ini dilakukan ketika Thailand telah tercatat lebih dari 1,1 juta kasus infeksi virus corona. Thailand juga sudah tercatat 12 ribu kematian sejak April tahun  ini.

Satu setelan APD dapat dibuat hanya menggunakan 18 botol plastik, kain yang digunakan untuk APD disumbangkan oleh pabrik tekstil di provinsi Rayong, yang biasanya membuat kain yang digunakan oleh beberapa merek global besar.

Di pabrik, benang yang dibuat dari botol plastik daur ulang dipintal menjadi beberapa gulunga raksasa, kemudian ditenun menjadi kain yang diolah agar tahan air. Setelah APD sudah jadi, kemudian APD ini disebarluaskan kepada beberapa rumah sakit Thailand.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment