Mobile Menu

navigasi

More News

5 Makanan Khas Makassar, yang bakal bikin kamu nagih !

September 09, 2021

 

Source : www.makassar.transstudiomall.com

Makassar tak hanya menyajikan keindahan pemkamu ngan alam dan kota yang penuh dengan pusat perbelanjaan bagi para wisatawan. Kota ini juga memiliki ber agam kuliner tradisional yang khas dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebut saja Coto Makassar dan Es Palu Butung, kamu pasti kenal dengan kedua kuliner Makassar terpopuler ini.

Namun, selain kedua makanan itu, Makassar masih menyimpan banyak sekali ragam kuliner khas tradisional yang tak kalah lezat dan menggugah selera. Untuk itu, berikut beberapa jenis kuliner Makassar terpopuler yang wajib Kamu  coba :

1.       Cotto Makassar

Kurang lengkap rasanya jikakamu berkunjung ke Makassar namun tidak menicicipi panganan khusus yang sudah terkenal. Coto Makassar adalah makanan lezat yang terbuat dari jeroan sapi yang sudah direbus lama. Kemudian iris rebusan isi perut yang dicampur dengan daging sapi, bumbui dengan bumbu khusus dan disajikkan menggunakan mangkuk. Coto Makassar biasanya disantap dengan ketupat dan buras. Buras adalah ketupat khas Sulawesi yang dibungkus dengan daun pisang. Cotto makasar ini berlokasi di Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

2.       Sop Konro

Ragam kuliner Makassar yang kedua adalah Sop Konro. Sop Konro merupakan masakan tradisional khas Makassar suku bugis dan Makassar. Sop Konro ini hampir mirip dengan cotto Makassar karena biasa disantap dengan ketupat atau buras. Sop Konro sendiri adalah sejenis sup iga dengan kuah berwarna cokelat kehitaman, warna kuah yang berwarna gelap ini terbuat dari buah kluwak.

Sop Konro ini juga terkenal memiliki rasa yang kuat karena dimasak menggunakan ketumbar, rasapedas yang ada di sop konro ini terbuat dari campuran rempah – rempah, seperti ketumbar, kluwak, pala,kunyit,kayu manis,asam,daun lemon,cengkih, dan daun salam. Jika kamu ingin berkunjung kesini kamu bisa ke Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pkamu ng, Pisang Utara, Ujung Pkamu ng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3.       Mi Hengky 

Jika kamu lapar tengah malam kamu bisa berkunjung ke kedai Mie Hengky terletak di depan pintu gerbang Pelabuhan Makassar, tepatnya di Jl Nusantara. Mie Hengky juga mempunyai konsep open Kitchen,penggorengan mie berada di depan pintu toko sehingga para pemgunjung bisa melihat sendiri sang juru masak meracik bumbu. Mie hengky sendiri sudah berdiri sejak 1980 dan hingga kini rasanya masih tetap sama. Mie kering ini disajikan dengan sayur sawi dan dilengkapi dengan irisan ayam, ati, daging dan olahan lainnya. Selain menyediakan mie kering, di kedai mie hengky ini juga menyajikan beberapa varian menu lainnya seperti mie kuah, mie panggang, mi hokiang dan mie goreng. Lokasi mie hengky sendiri berada di Jalan Nusantara No.358, Butung, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 4.       Pallubasa Onta

Walaupun namanya Pallubasa Onta tapi daging yang digunakan tetap daging sapi bahkan ada juga yang terbuat dari kerbau. Jika dilihat sekilas, makanan ini juga hampir mirip cotto Makassar, akan tetapi dalam soal rasa makanan ini sangat berbeda. Dagingnya yang sangat empuk terasa lezat karena sudah dimasak Bersama rempah – rempah. Bahkan Pallubasa Onta ini menambahkan topping yaitu dengan tambahan kuning telur mentah agar menambah citarasa makanan khas makassar yang satu ini. Kuning telur mentah ini sebelum disajikan kepada para penungunjung akan di siram oleh kuah panas terlebih dahulu, dijamin kuning telur ini ketika kamu santap tidak akan terasa amis. Pallubasa ini berada di Jalan Onta Lama No 109, Mkamu la, Makassar.

5.       Pisang Epe 
 

Ragam kuliner Makassar yang terakhir adalah Pisang Epe. Pisang Epe adalah jajanan khas Makassar yang biasa dijual terutama di daerah pesisir pantai biasanya di sepanjang pantai Losari pada sore hari sambil menyaksikan matahari terbenam. Pisang Epe pada dasarnya adalah olahan buah pisang, biasanya menggunakan jenis pisang Raja atau pisang kapok. Penyajiannya dengan saus atau kuah yang terbuat dari campuran air,santan,gula merah, daun pandan yang direbus. Rasa pisang Epe ini juga lebih nikmat jika kamu tambahkan berbagai topping seperti coklat, susu kental, Nangka, starwberi, irisan keju, taburan kacang – kacang panggang. Pisang Epe ini berada di Jl. Ali Malaka No.45, Maloku, Kota Makassar.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment