Mobile Menu

navigasi

More News

5 makanan khas Jambi yang memikat Rasa

September 10, 2021

 

Jambi merupakan sebuah daerah di Pulau Sumatera yang memiliki ragam kuliner khas penggoyang lidah. Selain menawarkan wisata alam yang dikelola begitu baik, jambi juga memiliki banyak sekali makanan khas yang popular kelezatannya dan disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, berikuti beberapa makanan khas jambi yang bisa memikat rasa dan wajib kamu coba. 

1.    Tempoyak

Tempoyak adalah salah satu makanan khas jambi dan sangat popular di daerah Sumatera lainnya. Masakan ini sangat unik karena bahan utamanya adalah buah durian yang telah difermentasi. Biasanya tempoyak ini dihidangkan bersamaan dengan nasi putih dan ikan.

Meskipun cara penyajiannya agak berbeda dengan makan makanan lainnya, tetap saja tidak akan menghilangkan cita rasa yang ada dan aroma duriannya. Nama tempat penjual tempoyak sendiri yaitu temphoyac – pusat oleh oleh khas Jambi yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 18, Tambak Sari, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

2.    Mie Celor Jambi

Tidak hanya Palembang, Kota Jambi juga ternyata memiliki Mie celor dengan rasa yang lebih khas. Mie Celor Jambi ini terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran sayur. Di daerah lain makanan ini terlihat mirip seperti mie ayam, sehingga mie celor Jambi ini bisa kamu temukan dengan mudah di warung – warung yang ada di Jambi.

Salah satu yang khas dari mie celor jika dibandingkan dengan mie celor daerah lain adalah aroma rempahnya yang kuat dan kuahnya tidak terlalu kental. Jika kamu ingin mencoba mie celor ini kamu bisa berkunjung ke toko mie celor yang bernama Gerai Mie Celor Mang Yayan  yang berlokasi di Jalan Putri Pinang Masak No. 19 Ps. Jambi, Kec. Ps. Jambi, Kota jambi.

3.    Nasi Gemuk Jambi

Kuliner tradisional khas Jambi yang satu ini mirip dengan nasi uduk Pulau Jawa dan nasi lemak khas Malayasia. Nasi gemuk adalah nasi yang dikukus bersamaa dengan santan kelapa. Menu yang terkenal hingga mancanegara ini sangat cocok diadikan menu santap pagi. Banyak juga pilihan lauk yang bisa kamu pilih untuk menemani Nasi gemuk ini, misalnya seperti telur, daging ayam, tahu, tempe dan sebagainya.

Kamu juga bisa berkunjung ke tempat nasi gemuk & lontong sayur BUNCIOK yang berlokasi Talang Jauh, Jelutung, Kota Jambi.

4.    Kue Gandus

Kue Gandus merupakan salah satu ragam kue populer yang dimiliki oleh Jambi. Kurang pas rasanya jika kamu berkunjung ke Jambi namun tidak mencicipi Jajanan Kue Gandus yang satu ini. Kue ini juga biasanya dijadikan oleh – oleh.  Uniknya kue Gandus ini terbuat dari tepung beras, santan, sagu, dan garam kemudian dikukus hingga matang. Kue khas Jambi ini juga memilik tekstur yang kenyal dan halus sehingga menambah cita rasa dari makanan ini.

Dan yang lebih menariknya lagi, makanan khas jambi ini memiliki toppin tambahan yaitu berupa ebi sangria, irisan cabai, daun saledri hingga bawang goreng. Selain itu toppingnya juga bisa  berupa daging giling dan abon ikan. Jadi, jika kamu ingin mencicipi jajanan kue gandus ini kamu hanya perlu datan ke SAIMEN Bakery and resto yang ada di Jl. Raden Mattaher No. 51 – 54, Sungai Asam. Kec. Ps. Jambi. Kota Jambi.

5.    Jus Buah Pinang

Selain memiliki makanan khas, Jambi juga ternyata memiliki minuman khas yang tidak kalah popular, salah satunya adalah jus pinang. Minuman ini bagi masyarakat Jambi dianggap sebagai minuman andalan yang dipercaya bisa meningkatkan system kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah dan lainnya.

Jus Pinang juga terbuat dari beberapa bahan dasar, yaitu buah pinang, jahe merah, cengleh, gula merah, pandan, serai dan madu. Kemudian bahan – bahan tersebut di blender hingga halus dan disajikan dalam keadaan hangat.

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment