Mobile Menu

navigasi

More News

3 Tempat di Pulau Wakatobi yang Wajib Dikunjungi

September 09, 2021

 

Source : www.butonislandtravelling.com

Kamu perlu mengunjungi Pulau Wakatoi yang terletak di sebelah tenggara Sulawesi, tepatnya di tengah laut Bkamu, pulau wangi – wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (WaKaToBi). Menjadi surga bagi para pecinta diving, Wakatobi memiliki salah satu terumbu karang yang paling indah di Indonesia.

Namun, Wakatobi bukan sekadar destinasi diving karena Kamu tetap bisa menikmati kekayaan alam, budaya, serta keramahan masyarakat di sana. Mulai dari berbagai desa tradisional, peninggalan purbakala, sampai dengan hutan yang belum terjamah bisa ditemukan di sana. Berikut adalah beberapa tempat yang wajib kamu datangi :

1.   Taman Nasional Wakatobi

Surga Pecinta diving ini memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Tidak heran jika para wisatawan yang berkunjung kesini menjadi aktivitas wisata kamulan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Bukan hanya berbagai karang dan gerombolan ikan yang memenuhi dasar laut, tetapi ada juga ‘tamu’ setia yang menjadikan perairan di sana menjadi taman bermainnya, yaitu ikan paus sperma.

Kelompok hewan ini biasanya mulai muncul pada bulan November ketika perairan Wakatobi mulai hangat daripada laut di belahan bumi lain. Selain itu, Kamu juga bisa menemukan ikan pari manta yang hanya ditemukan di perairan tropis. Dikelilingi pantai sepanjang 600 km, tempat wisata alam di Pulau Wakatobi ini memiliki potensi yang besar jika terus dijaga keberadaannya.

2.     Telaga Gua di pulau Wangi – wangi

Selain wisata bahari yang mengagumkan dan luar biasa, Pulau Wakatobi juga memiliki sederet gua yang tidak kalah memikat hati. Telaga gua di salah satu pulau kecil bernama Wangi - Wangi menawarkan daya tariknya sendiri dengan airnya yang jernih dan bersih. Beberapa telaga gua yang terkenal adalah Air Gua Kontamale dan Air Gua Tee Kosapi. Kedua tempat ini bisa diakses dengan mobil atau motor sekitar 15 menit dari pusat kota Wanci, kecamatan Wangi-Wangi. Meskipun gua ini milik pemerintah daerah, namun penduduk sering memanfaatkan airnya sebagai sumber air. Bagi Kamu penyuka adventure, Kamu bisa menjelajahi luasnya gua ini yang di dalamnya terdapat mata air serta stalagmite dan stalactite menghiasi dinding-dinding gua 

3.     Pulau Hoga

Pulau ini memiliki beberapa gugusan pulau, di mana kita bisa menemukan tempat menyelam terbaik. Ada sekitar 850 spesies karang di dunia, 83 spesies di antaranya berwarna-warni dan indah, para wisatawan juga dapat menemukan sekitar 750 spesies karang di sini. Airnya juga sangat jernih, mempesona, dan menakjubkan di dasar lautnya.

Sementara garis pantai di sini juga sangat indah. Ada pantai berpasir putih memanjang yang dikelilingi pepohonan dan laut yang landai. Tentu saja, kombinasi ini layak menjadi persinggahan bagi siapa pun. Ada banyak fasilitas dan akomodasi yang bisa dipilih. Tentunya liburan kamu akan semakin seru dan menarik.

Pulau Hoga terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa. Ada beberapa pulau kecil di sekitar pulau ini, seperti Tomia, Wangi, Binungko dan Kapota.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment