Mobile Menu

navigasi

More News

Menikmati suasana Syahdu Sungai Cidomas Purwakarta

August 25, 2021

 

Source : www.jabarnews.com

Tidak hanya kota – kota besar yang memiliki banyak destinasi terkenal, ternyata kabupaten Purwakarta ini memiliki destinasi alam bernama Sungai Cidomas. Airnya hijau kebiruan nan deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Sungai Cidomas pun dijulukiBlue River of Purwakarta”. Sungai ini berada di Kampung Garokgek, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat.

Kesejukan udara pegunungan, gemericik suara air, dan rimbunnya pepohonan nan hijau membawa ketenangan saat rekreasi di Sungai Cidomas.

Sungai dengan jeram ini, terletak di kaki Gunung Burangrang, perbatasan Purwakarta – Subang, di pedalaman kampung dan perkebunan teh serta pala yang menambah asri jalur menuju sungai. Keunikan air Cidomas yang terlihat berwarna biru itu, akibat pantulan dari sinar matahari, jernihnya air, dan kedalaman sungai. Selain itu terdapat juga aliran air terjun kecil dan tebing batu yang luar biasa membentuk relief hasil pahatan alam yang luar biasa indah.

Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara membuat asri Sungai Cidomas. Selain menikmati panorama alam yang indah berbalut udara sejuk, Anda pun bisa berenang untuk menikmati kesegaran air Cidomas yang berasal dari puluhan mata air. Kedalamannya bervariasi mulai dari sisi sungai setinggi 10 cm hingga tengah setinggi 2 meter. Sungai Cidomas dulu sebelum ramai seperti saat ini, digunakan warga setempat untuk mencuci pakaian atau bahkan mandi

Sementara fasilitas yang ada di sana masih minim, baru ada warung kecil saja yag menjual mie instant, kopi, dan makanan kecil lain. Namun lewat Pak Rosmana menyediakan pemesanan liwet apabila ingin ke sana (biaya sekitar Rp100.000 untuk makan botram alias rame-rame). Adapun bila setelah renang bingung ganti baju dimana, bilik untuk ganti baju belum ada. Untuk itu, direkomendasikan memakai baju renang dari rumah. Untuk ganti baju setelah berenang bisa dilakukan dengan ikut ganti baju di rumah warga dengan lama tempuh sekitar 10 menit dari sungai.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment