Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kendala Uji Klinis Vaksin Merah Putih: Mutasi Virus-Relawan

          Source : cnnindonesia.com   Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, menyampaikan  sejumlah kendala uji ...

        Source : cnnindonesia.com

 

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, menyampaikan  sejumlah kendala uji klinis vaksin Merah Putih mulai dari mutasi virus corona hingga potensi sulit dapat relawan akibat sudah dilakukan vaksinasi massal.

Amin mengungkapkan bahwa semakin banyak masyarakat yang sudah divaksinasi maka kedepannya akan sedikit jumlah subjek yang memenuhi syarat untuk melakukan uji klinis.

Hal itu diungkap karena persyaratan melakukan uji klinis hanya dapat dilakukan kepada subjek atau manusia, yang belum pernah menerima vaksinasi.

Amin memperkirakan bahwa hal itu merupakan situasi yang dilematis, lantaran di satu sisi masyarakat mengharapkan adanya kekebalan komunal atau herd immunity secepat mungkin, namun di sisi lain hal itu disebutnya menjadi tantangann

Dari sisi virus, Amin mengatakan semakin banyak orang yang terinfeksi SarS-CoV-2, maka semakin banyak kesempatan virus bermutasi. Oleh sebab itu, ia menilai harus terus memantau varian virus Corona yang mendominasi virus yang beredar saat ini.

Amin menuturkan bahwa saat ini lebih dari 90 persen virus Corona yang beredar adalah varian B.1.617.2 atau disebut varian Delta. Dengan seiring banyaknya mutasi, ia belum dapat memprediksi. 

Kondisi mutasi virus corona beberapa bulan ke depan. Ia juga mengatakan bahwa tantangan pengembangan Vaksin Merah Putih lainnya yakni harus memenuhi tiga kriteria. Yakni Aman dan halal serta dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Reponsive Ads