Mobile Menu

navigasi

More News

Ahli Ungkap Alasan Varian Delta Menyulitkan Herd Immunity

August 23, 2021

    Source : www.cnnindonesia.com

 

Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman, mengatakan bahwa mutasi Covid-19 varian Delta dapat mempersulit herd immunity atau kekebalan komunal.
 

Karena menurut dia dengan semakin efektifnya varian Delta menyebar maka semakin tinggi angka reproduksi dari virus tersebut. Dia menjelaskan juga bahwa varian Delta menurunkan efektifitas vaksin.

Herd Immunity, kata Dicky, memang sebuah proses yang sangat panjang sehingga pandemi tidak serta merta selesai jika hal itu sudah tercapai. Pandemi, kata dia, baru bisa dinyatakan selesai dengan adanya pengetatan protokol kesehatan dan isolasi mandiri.

Meski begitu, Dicky mengimbau masyarakat tidak khawatir jika
herd immunithy susah tercapai asalkan tetap konsisten dalam menjaga imun dan mematuhi protokol kesehatan.

Dicky juga menjelaskan menghadapi Covid-19 varian Delta merupakan tantangan tersendiri, karena virus ini memiliki kemampuan untuk mensiasati sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, Dicky mengatakan kekebalan sistem imun yang terus mengalami penurunan meski sudah divaksinasi memang hal yang tidak begitu mengherankan karena varian Delta terus bermutasi.

Senada dengan Dicky, di hadapan parlemen Inggris, Sir Andrew Pollard, seorang profesor infeksi pediatri dan imunitas di Universitas Oxford, mengatakan guna mencapai kekebalan komunal tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat lantaran penyebaran varian Delta.

Pollard menjelaskan tidak mungkin herd immunity akan tercapai jika virus bermutasi dan menghasilkan varian virus corona baru. Hal itu juga disebut berpotensi lebih menular pada populasi yang sudah divaksin.

Meskipun sebagian kasus ditemukan dengan gejala lebih ringan, orang yang telah divaksinasi tetap dapat tertular varian Delta. Beberapa ahli berharap herd immunity bisa tercapai seperti halnya campak yang juga sangat menular.
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment