Mobile Menu

navigasi

More News

Ahli Sebut bahwa Indonesia Sudah Masuk Fase Hiperendemi

August 26, 2021

 

Source : www.medcom.id


Ahli menyebut Indonesia sudah masuk dalam fase hiperendemi sehingga perlu melakukan sejumlah persiapan agar penyebaran virus tetap terkendali.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane, mengatakan bahwa Indonesia sudah masuk ke dalam fase hiperendemi.

Arti Hiperendemi sendiri yaitu dimana negara memiliki tingkat kejadian penyakit yang lebih tinggi dibandingkan dengan endemi. Kejadian penyakit yang dimaksud mengacu pada kondisi sebaran virus yang konstan dalam suatu populasi, yang terdapat di suatu wilayah geografis tertentu.

Hiperdemi ini memiliki persisten dan tingkat kemunculan penyakit yang lebih tinggi dari endemik.
Meski demikian, untuk merubah fase pandemi sehingga menjadi endemi atau hiperpandemi, pada dasarnya merupakan kewenangan Badan Kesehatan Dunia (WHO), namun terdapat beberapa kriteria standar pengendalian pandemi sehingga dapat dikatakan menjadi endemi.

Meskipun begitu, untuk merubah fase pandemic sehingga bisa menjadi endemi atau hiperpandemi, pada dasarnya merupakan kewenangan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), Akan tetapi terdapat beberapa kriteria standara pengendalian pandemi sehingga dapat dikatakan menjadi endemi.

  1. Jumlah kasus harus kurang dari 20/100 ribu, 
  2. Positivity rate harus kurang dari lima persen.
  3. Angka rawat tidak boleh lebih dari 5/100 ribu penduduk, atau tidak lebih dari 15 persen dari kasus yang terkonfirmasi,
  4. Angka kematiannya harus rendah.
Sementara itu di Indonesia, Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan positivity rate nasional pada periode 16 hingga 22 Agustus 2021 dan angkanya masih menginjak 18,15 persen. Angka ini turun dari momen puncak yang tadinya 30,54 persen. Namun, presentase ini masih lebih tinggi dari sebelum lonjakan kasus kedua yang hanya menginjak 9,44 persen

Jika dipecah per provinsi, terdapat 10 provinsi dengan positivity rate di atas 30 persen dan untuk saat ini hanya DKI Jakarta yang ada di bawah 15 persen, yaitu sebesar 11,7 persen.

Selain itu, diadakannya vaksinasi juga dapat menjadi faktor perubahan status wabah. WHO menetapkan bahwa jika vaksinasi dunia sudah mencapai 70 persen, maka herd immunity dapat berlangsung dan dunia masuk ke tahap endemi.


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment