Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Travel Pattern Magelang Berupa Kegiatan Trail of Civillization, Yang Diharapkan Bisa Bantu Sektor Parekraf

Tour Travel,  Magelang – Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif m...

sumber dari kemenparekraf.go.id


Tour Travel, Magelang – Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meninjau rangkaian kegiatan Trail of Civillization yang bertemakan “Ancient Kingdom :Borobudur Series”, yang dilakukan di Magelang, Jawa Tengah.


Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dibentuk oleh pihaknya, yang akan menghadirkan pola-pola perjalanan di sekitar destinasi wisata Candi Borobudur yang telah diurut berdasarkan relief dalam dinding candi. Di sana terdapat gambaran peradaban kehidupan masyarakat dari zaman kerajaan Hundi-Buddha di Jawa.


Hal itu dapat menjadikan wisata Candi Borobudur bukan hanya tempat untuk diajak berswa-foto tapi dapat menjadi sarana eduksasi, hiburan, dengan memperkuat storytelling di setiap kegiatannya.


Melansir dari kemenparekraf.go.id, Selain itu, ada kegiatan lainnya yang tak kalah seru, seperti membajak sawah, belajar bermain gamelan, menaiki delman, menggunakan transportasi VW safari, belajar membuat gerabah, melakukan yoga, belajar mengenai astronomi walking with star, dan dapat mearasakan wisata dengan pengalaman menginap di penginapan yang dikelola balkondes.


Trail of Civilization atau jejak peradaban ini, kami yakini menjadi daya tarik yang luar biasa atas suatu pendekatan pariwisata yang lebih berkualitas dan memiliki dampak keberlanjutan dan kelestarian lingkungan,” ujar Sandiaga Uno.


Sandiaga juga memperkirakan pengunjung yang dapat datang ke Magelang  mencapai 8 hingga 12 juta pengunjung.


“Berarti kita harus siapkan Borobudur era baru ini yang lebih berkelanjutan, sehingga kunjungan dari wisatawan di sini bisa menghadirkan peluang usaha dan terbukanya lapangan kerja. Karena selama ini sektor pariwisata dikhawatirkan akan redup di tengah pandemi, justru mampu bersinar. kita bukan bagian dari masalah tapi justru bagian dari solusi bangsa ini untuk bangkit dan pulih. Tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” tambahnya.


Hal ini bersinggungan dengan program Kemenparekraf yaitu, travel pattern, yang nantinya akan lebih dikembangkan lagi dengan storynomic. Yang menurut Odo Manuhutu selaku Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, justru cerita yang diangkatlah yang bernilai tinggi.


Untuk penguatan hal tersebut, menurutnya harus ada peningkatan pelatihan untuk para tour guide dan kusir delman, yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan yang lebih  tinggi lagi. Hal ini diharapkan oleh Sandiaga Supaya dapat menjadi multiplier effect berkelanjutan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Magelang. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: kemenparekraf.go.id)

Reponsive Ads