Mobile Menu

navigasi

More News

Sandiaga Uno Mendorong Desa Wisata Di Sulsel Untuk Mengikuti Ajang ADWI

June 21, 2021
sumber dari kemenparekraf.go.id


Tour Travel, Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa, Desa Wisata dapat menjadi pendorong bagi perkembangan Ekonomi Indonesia.

Sandiaga Uno mengikuti Webinar Desa Wisata – Desa KreatifSumatera Selatan, yang dilaksanakan secara darinng, pada Minggu (20/06/2021). Pada pertemuannya itu, Sandiaga Mengatakan Bahwa ada tiga platform utama Kemenparekraf yang harus digukan untuk mengembangkan Desa Wisata di Tanah Air.


Melansir Kemenparekraf.go.id, tiga platform tersebut Yaitu, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi dapat dilakukan dengan pendekatan 360 derajat dan bid data.  Adaptasi dengan melakukan serta menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE. yang terakhir adalah kolaborasi bersama pihak-pihak bersangkutan, sehingga nantinya Desa Wisata bisa menjadi destinasi sekelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan, juga menciptakan lapang kerja yang luas.


“Harapan saya, desa-desa wisata ini mampu menjadi lokomotif dalam meningkatkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat sekitar. Karena, tidak hanya kita berfikir mengenai profit atau keuntungan saja, tetapi juga ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya,” ujar Sandiaga Uno.


Sandiaga juga mendukung pemerintah Sumatera Selatan agar bisa mengikuti secara aktif dalam Ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021. Karena kompetisi tersebut bisa menjadi peluang untuk membangun motivasi untuk para pengelola desa.


“Mohon sekiranya desa wisata di Sumatera Selatan bisa mendaftarkan diri dalam Anugerah Desa Wisata. Sampai saat ini yang mendaftar sudah di atas 300 lebih. Kita harapkan jumlahnya akan terus meningkat dan dapat menjangkau lebih banyak desa wisata lainnya,” tutur Sandiaga.


“Konsep pengembangan desa wisata yang kami dorong secara holistik yakni berbasis budaya, berbasis alam, berbasis buatan. Kuncinya 3A atraksi, aksesibilitas, dan amenitas, serta branding, advertising, dan selling. Jadi saya suka mengajak beberapa influencer nasional maupun lokal, sehingga desa desa wisata tersebut juga bisa menciptakan konten-konten kreatif,” tambahnya.


Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kembali ekonomi di Tanah Air. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: kemenparekraf.go.id)


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment