Mobile Menu

navigasi

More News

PUPR Berencana Untuk Membangun Jembatan Kaca Di Bromo

June 07, 2021
sumber dari pinterest



Tour Travel, 
Malang – Direktorat Jendral Bina Marga di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk membangun jembatan kaca di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

"Rencana pembangunan jembatan kaca ini yang akan melaksanakan adalah Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga," ujar Plt Kepala BB TNBTS Novita Kusuma Wardani.

Konstruksi ini merupakan arahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang menginginkan bangunan ini menjadi masterpiece di destinasi wisata ini.

Rencana ini baru diketahui oleh pihak Plt BB TNBTS, saat tim Kementrian PUPR melakukan survei lokasi. Yang menurutnya, lokasi tempat yang akan di bangun merupakan diluar kawasan TNBTS tapi tetap melewati hutan kawasan tersebut.

"Setelah dilakukan survei ke lapangan, titik-titik pilarnya (pilar jembatan kaca) itu ada di luar kawasan taman nasional, di lahan-lahan masyarakat. Tapi memang jembatannya melintas di atas jurang yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," tuturnya.

mengutip dari travel.kompas.com, lokasinya asalah di Seruni Point yang ada di Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. View jembatan itu akan mengarak ke Gunung Batuk, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru.

Pembangunan jembatan kaca ini sempat menuai pro dan kontra, serta penolakan dari warga Suku Tengger. Dengan alasan jembatan kaca tersebut melintasi Goa yang di sucikan warga sekitar.

"Waktu itu sempat ada pro dan kontra. Lebih karena lokasinya yang melintasi di atas goa yang disucikan masyarakat Tengger. Tapi setelah dikomunikasikan, dipilih lokasi yang agak mundur, sehingga tidak melintasi goa itu dan masyarakat tidak keberatan," ujar Novita. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: pinterest).

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment