Mobile Menu

navigasi

More News

Potensi Wisata Desa Sani Sani Menjadi Daya Tarik Wisata Baru Di Kolaka

June 18, 2021

sumber dari kemenparekraf.go.id


Tour Travel, Kaloka – Kemenparekraf/Baparekraf menyatakan serta meninjau langsung Desa Wisata Sani-Sani, yang memiliki potensi dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang dapat menjadi daya tarik wisata unggulan di KabupatenKolaka, Sulawesi Tenggara.


Dalam kunjungannya kali ini, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekref/Baparekraf, Vinsensius Jemadu juga meninjau rencana pengembangan yang dilakukan Desa Wisata Sani Sani. Dengan melaksanakan arahan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu, strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka pada awal Juni 2021.


"Tiga quick win yang dicanangkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno salah satunya yakni pengembangan desa wisata yang aman COVID-19. Desa wisata akan menjadi salah satu daya tahan pariwisata nasional, Desa Sani-Sani Kolaka bisa menjadi contoh bertahannya Desa Wisata di era pandemi," tutur Vinsensius dalam keterangan tertulis pada, Jumat (18/06/2021).


Melansir dari Kemenparekraf.go.id, peninjauan ini dimulai dengan Puncak Indah Kapu Desa Sani Sani dengan jarak tempuh sekitar 28 km dan waktu tempuh sekitar 45 menit, dari pusat kota Kolaka. Di Puncak ini menyajikan berbagai pemandangan alam serta atraksi wisata, seperti pemandangan Kolaka, hamparan laut, gugusan pulau, serta perkebunan cengkeh dan lada.


Apresiasi juga dihaturkan oleh Wawan Gunawan, selaku Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf, kepada Pemerintah juga Pokdarwis Desa Wisata Sani Sani. Mereka sudah berkomitmen unntuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif, yang sampai saat ini masyarakat dapat menikmati dampak positif dari pariwisata yang didukung dengan potensinya.


"Potensi wisata di Desa Sani-Sani sangat luar biasa. Saya benar-benar merasakannya. Desa ini sangat layak dipromosikan secara masif. Protokol CHSE pun sudah diterapkan dengan sangat baik," ujar Wawan.


Wawan juga meminta Pemerintah dan Pokdarwis Desa Wisata Sani Sani agar melakukan pembangunan infrastruktur dan peningkatan fasilitas. Dengan pengembangan tersebut nantinya akan memudahkan para wisatawan saat melakukan wisata di Desa Sani Sani.


"Pariwisata semakin dilestarikan semakin menyejahterakan. Melakukan inovasi: yang tidak menarik menjadi menarik; Kolaboraksi program antara Kemenparekraf dengan Pemda Kabupaten Kolaka khususnya dengan Desa Wisata Sani Sani. Ketika melakukan pekerjaan pariwisata ada nilai spiritual; raga, rasa, rasio, dan ruh sebagai insan pariwisata. Menjadi ladang amaliah untuk menyiapkan destinasi yang berkualitas, yang siap dikunjungi, tempat wisata yang bersih, indah, sehat, dan aman. Kemenparekraf siap mendukung," tambah Wawan.


Pembangunan yang tengah dirancang adalah pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 25km serta penguatan jaringan listrik.


Masyarakat juga diminta untuk melakukan sinergi dalam membangun Desa Wisata Sani Sani dengan tag line Momehe For The World. Moheme yang memiliki arti, Mo: Bergerak, Me: Bekerja, He: di sini, panjangnya Bergerak Bersama Membangun Kolaka untuk Dunia. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: kemenparekraf.go.id)

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment