Mobile Menu

navigasi

More News

KSPN Diharapkan Dapat Menjadi Salah Satu Sumber Keberlanjutan Pariwisata

June 24, 2021

sumber dari pinterest

Tour Travel, Jakarta – Kemenhub (Kementrian Perhubungan) memperlancar promosi Kendaraan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kepada wisatawan, agar beroperasi seoptimal mungkin. Dengan meminta bantuan Pemerintah Daerah dan para pengelola pariwisata.


Hal itu dilakukan supaya menumbuhkan harapan dalam keberlanjutan pariwisata yang aman dan sehat. Karena tujuan dibuatnya kendaraan khusus ini supaya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, yang menyebabkan polusi udara lebih.


 “Kita sudah siapkan juga di beberapa kawasan wisata (kendaraan umum), tapi masih load factor (faktor ketirisan penumpang) itu masih rendah. Supaya yang disiapkan oleh pemerintah itu tidak mudah, tidak sayang, kami mohon dukungan dan peran serta pemerintah daeraah dan para pengelola kawasan wisata ayo kita bergandengan tangan dan kita cari strategi upaya kendaraan kita bisa dipakai para wisatawan,” ujar Budi Setyadi selaku Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.


Kawasan-kawasan tersebut salah satunya adalah DestinasiWisata Super Prioritas, yang telah disediakan sekitar 13 trayek trasportasi darat. Untuk mempermudah wisatawan dari Bandara menuju Borobudur.


Budi juga mengatakan, mungkin bus dapat langsung menuju Borobudur. Namun tetap harus mencari transportasi alternatif untuk bisa mnecapai destinasi-destinasi wisata lainnya, yang mungkin sulit untuk dijangkau.


“Misalnya saat ini kalau untuk langsung menuju Borobudur, wisatawan bisa langsung pakai bus yang besar. Nah untuk destinasi di sekitar itu yang mungkintidak bisa dijangkau bus bisa kita carikan alternatif lain dengan kendaraan yang lebih kecil. Itu juga bisa kita subsidi,” kata Budi.


Mengutip dari antaranews.com, Dalam data yang dihimpun Direktorat Jendral Perhubungan Darat (Ditjenhub) Kemenhub ada 15 KSPN yang sudah terlayani oleh angkutan umum yang disiapkan oleh Kemenhub mengikuti arahan Peraturan Menteri 88/2020 tentang Pelayanan Angkutan Umum pada Kawasan Strategi Nasional (KSN).


 Hal ini, selain dapat membantu pemulihan ekonomi Tanah Air juga dapat memudahkan masyarakat maupun wisatawan mengakses destinasi wisata dengan nyaman, aman, bersih, dan pastinya dapat mengurangi gas berlebih yang berdampak kepada lingkungan.


“Butuh strategi dari Pemerintah Daerah dan operator pengelola kawasan supaya masyarakat memanfaatkan angkutan umum ini. Bisa jadi juga dengan menyediakan jalur khusus untuk angkutan KSPN ini seperti diberi karpet merah lah istilahnya, jadi masyarakat pun bisa senang menggunakan angkutan KSPN ini,” pungkas Budi. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: pinterest).

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment