Mobile Menu

navigasi

More News

Kembalinya Pelukis Donni Afrianto Dengan 15 Lukisan Gambaran Dirinya

June 16, 2021

Sumber dari orbitaldago.com






Tour Travel, Bandung – Donni Afrianto akhirnya menggelar kembali pameran lukisan dengan karya hasil tangannya. Dengan 15 lukisan karya artistik asal bandung ini dipajang pada Galeri Dago Orbital, Jalan Rancakendal Luhur No.07, Kota Bandung.

Pameran ini digelar oleh Donni mulai dari tanggal 15 Juni hingga 15 Juli 2021. Dengan judul ‘Tumpang Tindih’ semua pemikiran dituangkan dalam lukisan-lukisan tersebut. Yang menggambarkan personal Donni selama cuti dari dunia seni rupa.

"Jadi lihat perilaku saya di karya benar-benar random. Ngomongnya macam-macam, tapi benar-benar seperti kehidupan saya. Misal karya satu, klasik problem itu nyeritain benar-benar urusan rumah tangga. Tapi di karya yang lain, seperti sosial media vitamin membahas sosial media, itu mah keseharian saya liatin Instagram," ujar Donni.

Karya yang dibuat oleh Donni benar-benar menggambarkan dirinya sehari-hari, tanpa melibatkan metafora lainnya. Lukisan tersebut dimulai dari tahun 2020 hingga 2021, sampppai terkumpul 15 lukisan.

"Magic power, itu masalah sex, memang enggak ada metafor lain di karya saya, benar-benar jujur pisan," tuturnya.

Melansir dari travel.detik.com, Donni Afrianto memasuki dunia perkuliahan oada 2004 dan lulus pada tahun 2009, pada tahun 2011 lalu ia vakum dari dunia seni rupa, dan kembali aktif pada tahun 2019 sejak pandemi Covid-19 menerjang.

"2011 memang kondisinya, saya pikir kayanya saya enggak bisa dapat duit dari seni rupa, makannya benar-benar cabut saja, cabut tuh benar-benar cabut, saya tidak bersinggungan dengan teman-teman seni rupa, bahkan teman angkatan, kaya mutusin silaturahmi," tambahnya.

Saat vakum ia mulai memfokuskan diri untuk mencari nafkah keluarganya.

"Cari duit usaha bikin craft notes book sama kulit-kulitan, 2016 saya sama teman-teman buat tempat kopi di Gudang Selatan, itu pun masih memang masih vakum di dunia seni rupa. Tahun 2019 baru join lagi. Alhamdulillah amunisi sudah ada, saya sudah nabung buat beli material, beli cat, beli kanvas, nabung dulu. Bisa melukis lagi 2019, kerjaan alhamdulillah ada yang ngebantu juga. Alhamdulillah sampai sekarang," jelas Donni.

Donni juga menjelaskan bahwa karyanya ini, tidak berhubungan dengan COVID-19. Namun dengan adanya pandemi ini ia sempat bersyukur karena dapat kembali berkarya. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: orbitaldago.com).

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment