Mobile Menu

navigasi

More News

Gernas BBI Diharapkan Dapat Menyilaukan Mata Dunia Dengan Produk Indonesia

June 18, 2021

sumber dari akun instagram @pijakbumi


Tour Travel, Jakarta – Maria Srikandi Mayangsari selaku Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Berharap acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) “Kilau Digital Permata Flobamora” dapat berjalan dengan keberlanjutan untuk mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal.


“Harapannya jangan sampai Gernas ini hanya sebatas seremonial, namun harus menjadi gerakan yang sustainable, berkelanjutan. Jadi, tidak hanya menjadi hiburan dan harapan sesaat buat UMKM” ujar Srikandi.


Menurutnya kegiatan Gernas BBI dapat menjadi harapan baru dari bangkitnya sektor ekonomi kreatif, terutama UMKM di Tanah Air khususnya  dalam pemanfaatan teknologi digital untuk memperluas pemasaran.


“Selama ini kita tahu UMKM menjadi leading sector pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya Gernas ini, diharapkan produk UMKM tidak hanya offline, tapi juga bisa dipasarkan secara online” tutur Srikandi.


Pegiat UMKM dari Labuan Bajo tersebut, merasa Gernas BBI ini juga dapat mengubah mindset masyarakat untuk lebih mencintai dan membanggakan produk hasil negeri sendiri. Yang nantinya dapat dipakai dan dibeli. Harapan Srikandi untuk Gernas, ini dapat meyakinkan mata dunia kalau produk dari Indonesia juga tak kalah kualitasnya.


Bukan hanya kepada Pemerintah saja, Srikandi juga mengharapkan para pelaku UMKM, bisa selalu berinovasi dan meningkatkan aspek kualitas dalam produknya. Sehingga nantinya mampu bersaing di pasar yang lebih luas.


“ Kita harus perhatikan beberapa hal, yaitu kualitas dan kuantitas produk. Pemerintah akan sangat membantu UMKM dan regulasinya dipermudah jika kita bisa berinovasi, menunjukan kreativitas sebagai UMKM premium, dengan produk bermutu dan nilai jual tinggi dan masuk ke pasar internasional” ucap Srikandi.


“Karena, sebagus apapun produk kita kalau tidak diketahui konsumen, maka akan sama aja. Pendekatan secara online juga bisa menjadi pilihan” tambahnya.


Di lain itu, Kuncoro Watuwibowo selaku Sinergy Project Leader Telkom Indonesia, sebelumnya mengatakan bahwa Gernas BBI yang dlaksanakan di NTT ini, puncaknya akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat pada 18 Juni 2021. Dilakukan bersamaan dengan jaringa 5G, dan akan menyusul juga kawasan itu yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).


Pemasangan jaringan ini nantinya akan mendukung UMKM di Indonesia bisa go Internasional. Dengan pemasaran online, nantinya jaringan ini hanya dikhususkan untuk pertaanian dan UMKM.


Melansir dari antaranews.com, kegiatan Gernas BBI “Kilau Digital Permata Flobamora” dilakukan secara online, dan dapat dinikmati oleh masyarakat dengan platform Zoom, Youtube Kemenkominfo, serta e-commerce juga live stasiun TV. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Instagram @pijakbumi)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment