Mobile Menu

navigasi

More News

Bendung Kamijoro Yang Kini Menjadi Destinasi Wisata

May 10, 2021

Sumber dari merdeka.com


Tour Travel - Bendung Kamijoro saat ini menjadi daya tarik wisata baru. Yang sebelumnya Bendung Kamijoro dibangun oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk irigasi dan pengendali banjir, serta diresmikan Presiden pada 31 Desember 2021.

 

Menurut Basuki Hadimuljono selaku Menteti PUPR, pembangunan bendungan dapat berkontribusi dalam pembangunan negara. Mengutip dari up.go.id, Selain sebagai sumber air irigasi untuk meningkatkan intensitas tanam, memasok kebutuhan air baku, pengendalian banjir dan energi (PLTA), bendungan juga dapat menjadi ikon atau landmark kawasan, sehingga mampu membangkitkan destinasi wisata baru dan memicu pertumbuhan ekonomi lokal.

 

Dengan luas 2.370 hektar, Bendung Kamijoro mengairi Daerah Irigasi Pijenan. Selain itu juga Bendung Kamijoro memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 25 liter/detik yang dialirkan ke Bandara Internasional Yogyakarta dan kawasan Industri Sentolo di Kabupaten Kulonprogo.

 

Saat ini Bendung Kamijoro menjadi tempat wisata. Dengan berbagai fasilitas, seperti taman yang biasa digunakan untuk bersantai dan berolahraga serta menjadi spot foto, di taman terdapat shelter dengan tenda besar biasa digunakan untuk para pengunjung berteduh. Tidak jauh dari sana terdapat taman bermain untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan serta luncuran. Di sana juga terdapat jembatan seperti Jembatan Ampera yang melintasi aliran kali progo, juga ada toilet dan mushola. 

 

Semua itu dibuka untuk publik dan biasanya yang berwisata ke sana adalah warga Bantul, Kabupaten Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta, bahkan warga dari luar Pulau Jawa. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: merdeka.com).

 

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment