Mobile Menu

navigasi

More News

Sandiaga Uno Akan Melakukan Pemantauan Ketat Terhadap Penerapan Prokes Di Destinasi Wisata

April 28, 2021

sumber dari kemenparekraf.go.id

Tour Travel, Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melibatkan banyak pihak terkait guna memperketaat dan melaksanakan pengawasan terhadap penerepan protokol kesehatan di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif pada masa libur lebaran nanti. Dinyatakan dalam Press Weekly Briefing yang dilakukan secara daring, Selasa (27/04/2021).


Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki satu program yang memfokuskan di libur lebaran tahun ini, yaitu menekankan penerapan protokol kesehatan yang ketat juga disiplin di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif.


"Dalam bingkai PPKM skala mikro, ada kegiatan masyarakat yang diperbolehkan. Keputusannya diserahkan ke pemerintah daerah sesuai dengan angka COVID-19 di daerah masing-masing. Dan jika memang destinasi wisata dibuka, tegas kami mengatakan bahwa harus dengan penerapan  protokol kesehatan CHSE yang ketat dan disiplin," ujar Sandiaga Uno.


Melansir dari kemenparekraf.go.id, Kemenparekraf juga telah menyiapkan buku panduan pelaksanaan CHSE di destinasi dan berbagai tempat bidang usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang nantinya panduaan ini akan disosialisasikan ke para pelaku pariwisata da ekonomi kreatif.


"Seperti besok ada kegiatan di Kota Tua dengan Pemprov DKI. Kota Tua adalah salah satu destinasi yang diminati saat libur lebaran, dan seandainya dibuka oleh Pemprov DKI, kita ingin pastikan panduan protokol kesehatan dipatuhi secara ketat dan disiplin. Panduan protokol CHSE akan kita terus sosialisasi dan serahkan ke tiap destinasi agar kegiatan wisata dapat berjalan dengan ketentuan yang berlaku," pungkas Sandiaga.


Melihat dari pengalaman sebelumnya secara langsung menyerap aspirasi di berbagai daerah, penerapan melaksanakan protokol kesehatan berbasis CHSE sudah berjalan semakin baik. Walaupun masih ada beberapa daerah lainnya yang masih terus memperketat penerapan protokol kesehatan ini.


Dibutuhkan kolaborasi anatara Pemerintah pusat, daerah dan satgas COVID-19 juga masyarakat dan para pelaku usaha. Untuk terus meningkatkan kepatuhan tersebut, karena memantaunya membutuhkan kemampuan secara keseluruhan.


Sandiaga Uno juga memastikan, kedepannya Kemenparekraf tidak hanya sebatas menekan dan mengimbau, tapi juga memastikan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Kemenparekraf.go.id).

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment