Mobile Menu

navigasi

More News

Optimis : Sandiaga Uno Yakin Desa Wisata Dapat Menjadi Pandemic Winner

April 02, 2021

sumber dari kemenparekraf.go.id

 

Tour Travel, Unggaran – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan rasa optimisme-nya dengan desa wisata pariwisata, akan menjadi pandemic winner beriringan dengan perubahan tren wisata pada pascapandemi ini. Pada kujungannya ke desa wisata Lerep, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/4/2021).


Melansir dari Kemenparekraf.go.id, dalam kunjungannya ke desa wisata ini, Sandiaga Uno yakin wisatawan akan memilih destinasi wisata yang memprioritaskan rasa aman, nyaman, bersih, dan sehat. Dengan begitu ia menetapkan desa wisata sebagai program unggulan yang dapat membangkitkan lagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi ini.


Dalam program ini, terdapat beberapa segmen untuk para wisatawan agar lebih merasa aman dan nyaman seperti, personalize yang lebih mengedepankan pariwisata pribadi atau lingkup keluarga saja; costumize yang lebih mengedepankan pilihan khusus dari para traveler; localize lebih mengedepankan destinasi-destinasi yang tidak terlalu jauh jaraknya; dan yang terakhir ada smaller in size yang mengedepankan pariwisata dengan jumlah yang tidak terlalu banyak/ramai.


"Saya yakin pascapandemi kunjungan ke desa wisata akan meningkat. Dimana wisatawan akan lebih memilih destinasi ke tempat terbuka, dan salah satunya adalah desa wisata," ujar Sandiaga.


Sandiaga Uno juga terus mendorong para pelaku parekraf dan masyarakat agar mempersiapkan diri, meningkatkan kuantitas dan kualitas penerapan protokol kesehatan. Kemenparekraf telah men-sertifikasi desa wisata Lerep ini sebagai desa wisata berkelanjutan.


Desa wisata Lerep ini bisa menjadi contoh dalam mengembangkan konsep desa wisata lainnya kelak. Sejauh ini desa wisata Lerep merupakan destonasi favorit para wisatawan, terutama adalah kuliner tradisionalnya yang menyajikan masakan rasa lokal yang masih terjaga sampai saat ini.


Dalam peninjauan kali ini, Sandiaga Uno ditemani oleh Gubernur Jawa Tengah. Ganjar Pranowo juga menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh program Kemenparekraf yang akan menjadikan desa wisata sebagai program unggulan. Khususnya dengan meningkatkan aksesibilitas, agar para wisatawan bisa lebih mudah menjangkau desa wisata lainnya. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: kemenparekraf.go.id)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment