Mobile Menu

navigasi

More News

Menparekraf Menyiapkan Pendampingan Terhadap Pelaku Parekraf di Desa Wisata Krebet

April 26, 2021

sumber dari kemenparekraf.go.id

Tour Travel, Bantul – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa, pihaknya akan segera menyiapkan pendampingan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Wisata Krebet. Pada kunjungannya di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (26/04/2021).


Desa Wisata Krebet memiliki potensi dalam karya tangan yang dibuat oleh warga sekitar. Dengan memanfaatkan kayu untuk media membuat batik hingga dapat menghasilnya hasil tangan cantik dengan nilai tinggi, yang pastinya juga diminati para wisatawan nusantara juga mancanegara. Karya-karya tersebut yaitu topeng batik berbahan dasar kayu, wayang, patung, bingkai cermin, gantungan kunci, dan beberapa produk ekonomi kreatif lainnya.


Guna meningkatkan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif, dibutuhkan intrusi jajaran di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Upaya itu agar dapat memberikan dukungan berupa pendampingan dan peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif.


“Melihat besarnya potensi tersebut, saya secara konkret mengarahkan jajaran Kemenparekraf yang membawahi ekonomi kreatif untuk mengeksekusi beberapa program pendampingan dan beberapa program yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Karena pada intinya kita ingin memulihkan perekonomian khususnya di Kabupaten Bantul,” ujar Sandiaga Uno.


Melansir dari Kemenparekraf.go.id, selain itu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatiif juga sudah memiliki rancangan program pendampingan untuk para pelaku ekonomi kreatif, yaitu pemasaran digital. Dengan pemasaran digital ini para pelaku ekonomi kreatif akan diajak untuk belajar memahami perubahan perilaku konsumen selama pandemi, cara-cara membangun branding di dunia digital, mengembangkan pemasaran digital, mengambangkan bisnis digital, juga mendatangkan penjualan.


Dengan adanya pendampingan ini diharapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera bangkit kembali, terutama di Kabupaten Bantul. Pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang mempunyai peranan tinggi dalam perekonomian di Kabupaten Bantul. Termauk ekonomi kreatif, pertanian, dan juga pariwisata.


“Pendampingan ini sebagai bentuk dari keberpihakan pemerintah kepada desa wisata dan masyarakat," tutur Sandiaga Uno. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Kemenparekraf.go.id)


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment