Mobile Menu

navigasi

More News

Memiliki Potensi, Desa Wisata Anjir Muara Bertekad Menjadi Wisata Berkelanjutan

April 17, 2021

sumber dari wartakota.tribunnews.com


Tour Travel, Banjarmasin – Kalimantan Selatan memiliki desa wisata yang memiliki potensi untuk menjadi daya taarik wisata nasional. Salah satunya adalah Desa Wisata Anjir Muara yang bertempat di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.


Dengan modal bentang alam yang indah juga kearifan lokal yang menarik, menjadi acuan Desa Wisata Anjir Muara ini untuk bertekad menjadi  destinasi wisata nasional. Menurut Amalia Rezeki selaku Founder Yayasan Bekantan Indonesia (SBI) tekad ini bersama dukungan yang diberikan oleh Bupati Barito Kuala Noormiliyani yanag juga selaku Pembina SBI foundation, mendukung penuh kemajuan di Batola.


Melansir dari Antaranews.com, potensi yang dimiliki desa wisata pesisir Sungai Barito di Kecamatan Anjir Muara ini yaitu hutan mangrove rambai dengan kekayaan flora dan fauna (satwa ikonik yaitu Bekantan), hamparan sawah yang luas dengan kehidupan petani dan nelayan yang beriringan menyatu dengan alam, membuat keharmonian yang terlihat membuat desa ini sepertinya layak untuk dijadikan desa wisata.


Selain itu di desa ini juga terdapat pasar terapung ikan, dengan budaya sedekah sungai serta kesenian pencak silat kuntow yang membuat desa ini semakin kaya akan kearifan lokal masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada lingkungan sungai.


SBI telah dahulu membuka akses wisata alam pada kawasan Pulau Curiak Kabupaten Barito Kuala. Dengan pembangunan destinasi desa wisata Anjir Muara akan terus dikembangkan, dan akan berpegang pada konsep pariwisata berkelanjutan.


Upaya ini juga dilakukan bersama pengembangan daan pengelolaan sumber daya agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika dalam menjagaa keutuhan dan kelestarian ekologi, keragaman flora, budaya dan sistem kehidupan masyarakan sekitar. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: wartakota.tribunnews.com).


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment