Mobile Menu

ads

More News

Buntu Sarira, Keindahan Serta Legenda Dari Negeri Di Atas Awan Toraja Lainnya

April 05, 2021

sumber dari Travelingyuk.com


Tour Travel, Makale Utara – Toraja memiliki banyak tempat yang memukau. Selain Kampung Lolai, Tana Toraja juga punya negeri di atas awan lagi, yaitu, Buntu Sarira. Dengan tinggi 1.231 meter di atas permukaan laut, ini semakin menguatkan Toraja sebagai negeri di atas awan sesungguhnya.


Untuk mencapai kawasan ini, kamu bisa melewati pemandian Tilanga, yang dilanjut melewati lembah Gunung Sarira. Kawasan ini memang masih termasuk di Kelurahan Sarira, Tilanga, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja.


Melansir dari travelingyuk.com, untuk sampai di puncaknya harus melewati jalan yang tidaklah mudah. Kamu harus menempuh perjalanan selama 45 menit sampai ketemu pondok di dekat perkebunan warga. Kamu bisa beristirahat sejenak di sana, setelah itu baru bisa melanjutkan perjalanan dengan mendaki tebing-tebing. Melewati bebatuan yang menanjak serta semak-semak yang cukup tebal. Pendakian ini memiliki perkiraan waktu selama 2 jam.


Sesampainya di kawasan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman serta pemandangan alam yang tidak akan bisa dilupakan.


Buntu Sarira juga memiliki beberapa legenda yang masih melekat di masyarakat setempat. Biasanya masyarakat di dekat kawasan itu akan pergi ke atas untuk berdoa dan meminta mohon kepada para Dewa-Dewa, apakah kegiatan yang mereka lakukan dibolehkan atau tidak. Kepercayaan ini masih berjalan secara turun temurun.


Konon katanya, satu waktu, manusia pernah membuat para Dewa marah. Terutama Puang Matua, namun Puang Mata masih memiliki kesabaran. Namun mausia melakukan kesalahan lagi, sehingga membuat Puang Matua marah sepenuhnya.


Dengan marah ia menendang tangga, yang katanya merupakan penghubung antara bumi dengan langit. Membuat tangga berantakan dan merubah kawasan itu menjadi lautan dan sisa puing kemarahannnya membentu beberapa pegunungan batu, terbentang dari Sulawesi Selatan yakni, dari Inkerang sampai ke Toraja. Bentukan itu yang kemudian diketahui dengan nama Gunung Sarira.


Walau begitu kawasan ini tetap menjadi tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi. Karena Buntu Sarira salah satu tempat yang sangat tidak boleh dilewatkan. Nikmati, keindahan dan suasana tenang di sana, jiwa dan raga mu akan ikut tenang juga. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Travelingyuk.com).


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment