Mobile Menu

navigasi

More News

BTNAL Berencana Membuat Paket Wisata Susur Gua

April 29, 2021

sumber dari menkhl.go.id

Tour Travel, Maluku Utara – Direktorat Pemanfaatan Lingkungna Hutan Konservasi atau PJLHK telah melakukan Wisata Virtual yang bertajuk “Wisata Gua”, yang berdampak baik terhadap Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (BTNAL), pada hari Senin (27/04/2021).


Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak para wisatawan menikmati wisata Gua yang berada di Taman  Nasional Aketajawe Lolobata. Dalam acara ini pemandu Roland (Polhut) dan As Ari (PEH) memperkenalkan Gua Sugili selama pemutaran video wisata susur gua ini berjalan.


Gua Sugili dipilih karena bentuknya yang uni serta akses yang cukup menantang. Untuk menarik wisatawan yang gemar dengan wisata ekstrim. Karena pintu masuknya yang berbentuk vertikal sedalam tujuh meter, lalu terdapat lorong-lorong horizontal dengan ornamen serta aliran sungai bawah tanah membuat gua ini menjadi mempesona.


Serasi dengan namanya, di gua ini dapat ditemukan ikan sugili atau biasa dikenal sebagai ikan sidat, belut air tawar. Selain itu juga terdapat beragam fauna lainnya, seperti laba-laba, burung walet, ikan lele, dan serangga.


Saat menelusuri lorong gelap di gua ini, sungai bawah tanah yang deras juga menambah adrenalin. Mengutip dari Menlhk.go.id, Wisatawan yang masuk dalam gua ini akan dibekali dengan pelampung, karena kedalaman air di dalam gua bisa mencapai empat meter. Ornamen gua berupa stalaktit dan stalakmit terus tumbuh, karena mengalir air yang lumayan deras dari atap gua.


Selain gua Sugili, ada banyak lagi wisata gua yang tersedia disini. Seperti gua Toto, gua Tata, dan gua JPG. Wisatawan yang berkunjung akan disediakan peralatan susur gua dan diberikan pelatihan singkat untuk menggunakan peralatan SRT atau Single Rope Technique oleh pemandu yang berpengalaman.


“Dalam waktu dekat, kami (BTNAL) akan membuat paket wisata susur gua”, kata Heri, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata setelah acara virtual selesai. (Penulis: Gita Ramadhany  / Sumber Gambar: Menlhk.go.id). 

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment